Sarana berbagi dengan banyak orang melalui tulisan sederhana... diambil dari keseharian hidup.

Pengertian SQL


muhamadl.blogspot.com - Perngertian SQL
Bismillah, selamat pagi sahabat-blogger semua, semoga pagi anda menyenangkan.  beberapa hari yang lalu pada diskusi kelas ada beberapa pertanyaan yang diajukan audience kepada kelompok kami mengenai definisi serta pengertian-pengertiannya.  Untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering kita temui ini, saya berinisiatif untuk memeparkan penjelasan tetang sql. Dari buku-buku yang pernah saya baca. 

Sql merupakan sebuah bahasa permintaan yang melekat pada sebuah SMDB termaduk MYSQ. Sebuah bahasa yang terstruktur atau biasa disebut structure query language. Didalam sql kita harus mengenal yang namanya query. Dalam beberapa implementasinya perintah sql dapat dikategorikan menjadi tiga bagian perintah, diantaranya ada DDL ( Data Definition Language ), DML ( Data Manipulation Language ) dan yang terakhir ada DCL ( Data Control Unit ). Nah, sahabat-blogger kita lanjut ke pembahasan point pertama:

©Data Definotion Language ( DDL )
Data definition language ( DDL ) ialah bahasa dari SQL yang digunakan untuk membagun kerangka atau rancangan  database. Dan berikut ini adalah 3 perintah yang termasuk kedalam DDL.
CREATE : Fungsi dari query  perintah tersebut untuk membuat sebuah database, membuat tabel serta view.
ALTER : Perintah ini digunakan untuk megubah struktur pada tabel. Hal-hal yang dapat ditangani oleh perintah alter seperti mengubah nama kolom, mengubah type data.
DROP : Berfungsi untuk menghapus database beserta tabel.

©Data Manipulation Language ( DML )
Data manipulation Language ( DML ) Merupakansub bahasa yang dipergunakan untuk memanipulasi data pada database.  Ada 4 perintah dasar dari DML.
INSERT :  Menambahkan data baru kedalam sebuah tabel yang ada pada database.
Perintah contoh perintahnya :
INSERT INTO nm_tabel (field) VALUES (data)
SELECT : Select merupakan perintah untuk mengambil data pada sebuah tabel bisa dari satu tabel atau dengan cara relation artinya megambil beberapa data dari tabel lainya. Lalu akan ditampilkan outputnya.
UPDATE : Update pada sebuah tabel berguna untuk mengubah atau memodify data yang telah terinputkan pada tabel. Hal ini bermanfaat jika ada kesalahan paa saat peroses input dilakukan . apabila proses update ini dilakukan maka data sebelumnya akan berubah menjadi data yang baru ( data telah diupdate )
DELETE :  Perintah ini digunakan untuk melakukan penghapusan isi pada sebuah tabel  dan apabila peoses ini telah dilakukan maka data yang dihapus tidak dapat anda kembalikan seperti semula.
Contoh perintahnya:
DELETE FROM nm_tabel
Catatan :
Pada kasus update dan juga delete sahabat-blogger dapat menambahkan klausa WHERE jika anda tidak menginginkan semua data terhapus atau berubah secara keseluruhan isi di dalam tabel.
Contoh  perintahnya :
DELETE FROM nm_tabel WHERE field=’lutfi’
DELETE FROM tblusers WHERE id_user=’US001’

©Data Control Language ( DCL )
Berbeda dari kedua kategori diatas seperti membuat database, menginputkan data.  Fungsi dari DCL ialah melakukan control dan memberikan hak terhadap  user.
GRAND : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak dan izin akses oleh seorang administrator kepada seorang user . hak tersebut dapat berupa membuat( CREATE ), mengambil ( SELECT ), menghapus ( DELETE ), mengubah data ( UPDATE ). Dan hak khusus berkaitan dengan sistem databasenya.
REVOKE : Berbeda dengan grand, perintah revoke digunakan untuk mencabut hak akses pada seorang
Share:

Statistik Pengunjung

BTemplates.com